Rapat Koordinasi dan Evaluasi Forum Pembangunan Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan

BANJARBARU – Forum yang sudah terbentuk guna mendukung pembangunan kehutanan di Kalimantan Selatan pada hari Rabu dan Kamis melaksanakan rapat koordinasi serta evaluasi yang diinisiasi oleh Dinas Kehutanan Prov Kalsel di Aula Bapelkes Prov Kalsel Banjarbaru (6-7/11).

Acara yang dihadiri perwakilan 22 Forum lingkup Dishut Prov. Kalsel ini dibuka oleh Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq yang kemudian dilanjutkan pemaparan materi mengenai Kebijakan Pembangunan Kehutanan Prov. Kalsel oleh Kepala Bidang PPH.

Dalam arahannya, Kadishut menyampaikan agar pembinaan forum pembangunan kehutanan harus menjadi perhatian serius oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, karena ide dan gagasan forum ini akan menjadi bagian dalam penyusunan rencana kegiatan dalam pembangunan kehutanan di Kalimantan Selatan.

“Pengurus forum harus mampu mengelola dengan baik kegiatan di tiap kabupaten/kota sehingga semuanya dapat mengakselerasi diri untuk menyusun rencana yang jelas dan berkontribusi nyata dalam pembangunan kehutanan di Kalimantan Selatan,” jelas Hanif.

Rakor selama dua hari tersebut dibagi dalam beberapa sesi, yang diisi pemaparan dan dialog evaluasi kegiatan forum binaan masing-masing bidang, diantaranya:
1. Bidang PMPPS meliputi Forum HHBK (Rotan, Kayu Manis, Kemiri, Bambu, Gaharu, Madu, Jasling & Lainnya), Forum PKSM, Forum KTH, Forum Hutan Desa, Forum HTR, dan Forum Kemitraan
2. Bidang PDASRHL meliputi Forum Rehab DAS, Forum Revjo, Forum Hutan Tanaman & Forum DAS

Hari kedua penyelenggaraan Forum Pembangunan Kehutanan akan diisi pemaparan & dialog evaluasi kegiatan forum binaan Bidang PKSDAE, BPTH dan PPH terhadap forum binaannya masing-masing, serta penjaringan saran dan masukan dari tiap forum.

Hanif juga menekankan bahwa kegiatan pertemuan forum di tingkat kabupaten kota telah dianggarkan melalui KPH terkait, "saya minta kegiatan forum di tingkat kabupaten agar dapat dimanfaatkan secara optimal,” tutup Hanif. (dende/dishut)

Layanan