Tiga Perusahaan IPPKH Serahkan Hasil Tanaman Rehab DAS kepada Kementerian LHK, dari KemenLHK ke Provinsi Kalsel (Dinas Kehutanan)

JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan acara serah terima hasil tanaman rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS). Serah terima dilakukan secara virtual zoom meeting, mengingat kondisi yang tidak memungkinkan dikarenakan pandemi covid-19. Serah terima dilaksanakan di lokasi masing-masing peserta acara, Kamis (28/1).
Hasil tanaman rehab DAS dari kewajiban para pemegang IPPKH tiga perusahaan, PT. Tunas Inti Abadi, PT. Bhumi Rantau Energi, dan PT.Jorong Baru Greston. Tanaman rehab DAS yang didominasi oleh tanaman mahoni, karet, dan jengkol tersebut berlokasi di wilayah KPH Tanah Laut, KPH Kusan dan Taman Hutan Raya Sultan Adam. Total luasan tanaman yang diserah terimakan dari tiga perusahaan tersebut seluas 1.340.04 Ha
Penandatangan Berita Acara serah terima dilakukan oleh Direktur dan perwakilan tiga perusahaan, Dirjen PDASHL dengan disaksikan oleh seluruh peserta yang berhadir.
Dalam acara tersebut pula, selanjutnya hasil tanaman rehab DAS tersebut langsung diserahterimakan oleh Dirjen PDASHL kepada Provinsi Kalimantan Selatan yang dalam hal ini Dinas Kehutanan Prov Kalsel, UPT Tahura Sultan Adam, KPH Kusan dan KPH Tanah Laut. Penandatanganan Berita Acara serah terima dilakukan oleh Plt. Kepala Dinas Kehutanan Hj. Fathimatuzzahra dan Kepala Tahura Sultan Adam Ainun Jariah yang disaksikan oleh Dirjen KTA dan Kepala BPDAS HL Barito.
Plt. Kadishut menyampaikan, bahwa tanaman rehab DAS yang lokasinya jauh dari pemukiman masyarakat, akan dikelola oleh KPH dan Tahura, sedangkan yang lokasinya dekat dengan masyarakat, akan diserahkan kepada masyarakat untuk mereka kelola melalui skema perhutanan social.
“Tanaman yang dekat dengan masyaraka sengaja kita serahkan kepada mereka untuk dikelola, sebab tanaman yang dipelihara masyarakat akan sangat berpengaruh nyata potensi tumbuhnya yang juga berpengaruh kepada tutupan lahan, yang nantinya dapat mengurangi resiko banjir seperti yang sudah terjadi saat ini,” ujar Aya.
Hingga saat ini total luasan tanaman rehabilitasi DAS yang sudah diserah terimakan oleh para pemengang IPPKH sudah mencapai 2.088,90 Ha. (dende/dishut)
Layanan