Belajar Pengelolaan HHBK dan Jasling, KPHL Kapuas Kahayan Kunjungi Dishut Kalsel

Banjarbaru - Dishut Kalsel menerima kunjungan kerja (kunker) UPT. KPHL Kapuas Kahayan di Aula Rimbawan 1 Dishut Kalsel, Kamis(17/2). Kunjungan kerja tersebut terkait Koordinasi dan Konsultasi Pengelolaan HHBK dan Jasa Lingkungan pada Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan.
Rombongan disambut langsung oleh Plt. Kadishut Prov Kalsel Fathimatuzzahra.
Dalam kunjungan kerja nya, Kepala KPHL Kapuas Kahayan yang diwakili oleh Kasi Perlindungan Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem dan Pemberdayaan Masyarakat, Ibnu Winarto, menyampaikan tujuan kedatangannya ke Dishut Kalsel ialah dalam rangka meningkatkan kinerja UPT. KPHL Kapuas Kahayan, dalam hal perencanaan dan keterampilan teknis pengelolaan hutan.
“Pada dasarnya kedatangan kami ke sini ingin mengetahui dan ingin belajar bagaimana jasa lingkungan beserta pengelolaan Hasil Hutan Bukan Kayu pada Dinas Kehutanan Prov Kalsel,” kata Ibnu Winarto.
Dalam kesempatan tersebut, Aya sapaan akrab Kadishut menyampaikan, bahwa Dinas Kehutanan Prov Kalsel menargetkan pada setiap KPH serta UPT lingkup Dishut Kalsel harus mempunyai produk-produk unggulan HHBK yang nantinya produk tersebut akan difasilitasi pemasarannya melalui kantor pusat pemasaran hasil hutan yang sudah ada, seperti pada Kantor Pusat Pemasaran Hasil Hutan Bukan Kayu di Banjarmasin, Gallery Market HHBK TH2TI di kompek perkantoran Pemprov Kalsel dan Gallery Market di Tahura Sultan Adam Mandiangin.
“Kiita menargetkan untuk setiap KPH harus mempunyai produk-produk unggulan HHBK, selain itu kami punya Kantor Pusat Pemasaran Hasil Hutan Bukan Kayu di Banjarmasin yang dimana memuat semua Produk Hasil Hutan Bukan Kayu dari KPH, seperti madu,beras merah,kopi, sampai kerajinan, jadi semua produk yang dihasilkan oleh KPH kita masukkan disini. Selain kantor di Banjarmasin kita punya juga pusat pemasaran hasil hutan di komplek perkantoran Pemprov kalsel yang bernama Gallery Market HHBK dan ada juga Gallery Market di Tahura Sultan Adam,” ujar Aya menjelaskan.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan paparan dan penjelasan secara teknis mengenai pengelolaan HHBK dan Jasa Lingkungan di Dishut Kalsel yang disampaikan oleh Kabid Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan Warsita, dan dilanjutkan oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Penyuluhan dan Perhutanan Sosial I Gede Arya Subhakti, yang mana menjelaskan terkait informasi HHBK dari KPH lingkup Dishut Prov Kalsel, Kantor Gallery Market HHBK, Gallery Market HHBK TH2TI, Gallery Market di Tahura Sultan Adam Mandiangin, hingga E-Service SIFORESTKA atau (Sistem Informasi Kehutanan Kalimantan Selatan).
Di akhir kegiatan kunjungan, rombongan dihadiahi kenang-kenangan berupa produk-produk HHBK dari KTH Binaan KPH Lingkup Dishut Kalsel.(olf/dishut)
Layanan